Berita eksternal


PENENTUAN NILAI ACUAN UJI BANDING ANTAR LABORATORIUM KALIBRASI UNTUK KALIBRASI MIKROPIPET



Dalam uji banding antar laboratorium kalibrasi yang terakreditasi, nilai acuan yang digunakan umumnya dikeluarkan oleh laboratorium metrologi nasional yang bertindak sebagai laboratorium acuan. Tetapi dalam beberapa kasus uji banding, laboratorium metrologi nasional kemungkinan tidak dapat mengeluarkan nilai acuan untuk uji banding karena artefak yang digunakan berada pada level industri, sehingga harus dilakukan cara lain untuk mendapatkan nilai acuan.

Tulisan ini memaparkan penetapan nilai acuan uji banding berdasarkan konsensus dengan contoh kasus uji banding micropipet pada nilai nominal 100 µL dan 500 µL menggunakan beberapa pendekatan statistik sebagai estimator.

Estimator yang dipilih disesuaikan dengan kondisi data hasil uji banding. Untuk memvalidasi metoda yang digunakan, nilai acuan dari estimator yang dipilih dibandingkan dengan nilai hasil kalibrasi yang dikeluarkan Puslit Metrologi LIPI. Berdasarkan analisis En number diperoleh nilai 0,31 dan 0,21 untuk masing-masing nilai nominal, sehingga dapat disimpulakan bahwa metoda yang digunakan dapat dipertanggungjawabkan.


comments powered by Disqus
" Terwujudnya Perindustrian Dan Perdagangan Jawa Barat Yang berdaya Saing Tinggi "