Berita eksternal


Industri Rokok Sudah Jadi Bagian Sejarah Indonesia



JAKARTA - Pemerintah berjanji akan menyusun regulasi yang bijak untuk industri rokok di Indonesia. Meskipun banyak pertentangan yang berkaitan dengan kesehatan, namun industri ini telah memberikan kontribusi bagi negara.

Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, industri rokok telah berkontribusi dengan menyumbang penerimaan negara dari cukai, serta membuka lapangan pekerjaan yang cukup besar. Berdasarkan hal itu, dia menyebut industri ini sudah menjadi bagian dari bangsa Indonesia.

"Industri ini melibatkan tenaga kerja hingga 6,1 juta orang. Juga telah menjadi bagian sejarah bangsa dan budaya masyarakat kita, khususnya rokok kretek," kata Saleh seperti dilansir dari keterangan tertulisnya, Jumat (27/3/2015).

Dia mengatakan, peraturan terkait produk rokok semakin ketat baik di dalam negeri maupun internasional. Hal itu merujuk pada pertimbangan perlindungan dan kesehatan masyarakat.

Namun, Saleh memandang hal itu harus dijadikan suatu tantangan bagi pelaku industri rokok tanah air."Selain hal tersebut, kenaikan cukai juga menjadi faktor yang mempengaruhi perkembangan industri rokok," imbuhnya.

Untuk itu, pemerintah terus berusaha membuat kebijakan yang dapat diterima oleh semua pihak dan perlu dijalankan sesuai dengan dinamika perkembangan industri ini. Menurut dia, dalam skala nasional, pemerintah menempatkan industri rokok pada posisi strategis dan termasuk dalam Perpres No 28 tahun 2008 tentang Kebijakan Industri Nasional.

"Industri hasil dikembangkan dengan tetap memperhatikan keseimbangan kesehatan, penyerapan tenaga kerja, dan penerimaan negara. Industri ini juga merupakan kearifan lokal yang telah mampu bersaing dan bertahan," tandasnya.

http://economy.okezone.com/read/2015/03/27/320/1125041/industri-rokok-sudah-jadi-bagian-sejarah-indonesia


comments powered by Disqus
" Terwujudnya Perindustrian Dan Perdagangan Jawa Barat Yang berdaya Saing Tinggi "