09 Aug 2020

Divisi Logistik GTPP COVID-19 Jabar Salurkan
Bantuan Telur


23 Jun 2020, 14:28 Administrator Dibaca : 60


KOTA BANDUNG - Divisi Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Jawa Barat, menyerahkan ratusan tray telur dari bantuan sosial kepada yayasan sosial. Penyerahan bantuan telur itu disalurkan melalui PT Pos Indonesia yang merupakan pengembalian bantuan pangan non-tunai berupa komoditi yang tidak tahan lama namun masih layak konsumsi.

Penyerahan komoditi bantuan sosial ini merupakan amanat dari Pasal  12A ayat (4) sebagai pelaksanaan dari Pasal 12A ayat (3) dalam Peraturan Gubernur Jawa Barat Nomor 35 tahun 2020 tentang Perubahan Peraturan Gubernur Nomor 26 Tahun 2020 tentang Jaring Pengaman Sosial bagi masyarakat terdampak ekonomi akibat pandemi COVID-19 di Jawa Barat.

Dalam Pasal 12A ayat (4) dijelaskan, dalam hal bantuan non tunai yang dikembalikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) berupa komoditi tidak tahan lama, PT Pos dapat menyalurkan langsung kepada pihak sebagaimana dimaksud pada ayat (3).

Pada pasal 12A ayat (3) dipaparkan, bantuan non tunai yang dikembalikan sebagaimana dimaksud pada pasal 12A ayat (1) selanjutnya dapat disalurkan langsung kepada; (a) panti asuhan, (b) panti wreda, (c) panti penyandang disabilitas, (d) dapur umum, dan/atau (e) pihak lainnya.

Sedangkan pada pasal 12A ayat (1) diterangkan dalam hal terdapat pengembalian bantuan tunai dan non tunai yang diakibatkan permasalahan tenis ataupun administrasi, perangkat daerah yang menyelenggarakan urusan pemerintahan bidang Perindustrian dan Perdagangan, mencatat dan membuat berita acara pengembalian.

Komoditi tidak tahan lama yang dikembalikan, terjaga dalam kondisi layak konsumsi dan tidak rusak. Hal itu merujuk pada pasal 12A ayat (5) yang dengan tegas menyebutkan bahwa bantuan non tunai dalam kondisi rusak, PT Pos dapat memusnahkan komoditi tersebut yang kemudian ditindaklanjuti dengan membuat berita acara pemusnahan.

Penerima bantuan sosial non tunai berupa telur ini telah disalurkan di antaranya ke Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan.

Di Kabupaten Purwakarta, yayasan sosial yang menerima bantuan telur ini di antaranya ke Yayasan Al Muqsudiyyah, Yayasan AL Qomariyah, dan Pondok Pesantren Rumah Anak Sholeh. Sedangkan di Kabupaten Indramayu, bantuan ini diserahkan di antaranya kepada Pondok Pesantren Anak Yatim Raudhlatul Muta’alimin, dan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia Kasih Ibu.

Di Kabupaten Subang, bantuan sosial ini diterima pengurus Yayasan Al Kautsar. Kemudian yayasan sosial penerima bantuan sosial di Kabupaten Majalengka, di antaranya diterima pengurus Yayasan Al Mizan Jatiwangi, Yayasan SLB Ciremai Kasih Cihaur, Yayasan Gelora Karya Dawuan, Yayasan Assalma Kamilia Talaga, Yayasan Rodatul Muhtadin Leuwimunding, Yayasan Cokroaminoto, Yayasan Mawar Persada Cigasong, dan Yayasan Al Azmi Bangbayang Lemahsugih.

Selanjutnya, penerima bantuan sosial di Kabupaten Majalengka di antaranya PAUD Al Ikhlas dan Yayasan Dipati Ewangga.

Dengan disalurkannya bantuan sosial komoditi non pangan tidak tahan lama kepada beberapa pihak yang membutuhkan, semoga mampu meringankan beban ekonomi bagi masyarakat terdampak ekonomi akibat pandemi COVID-19. Dan semoga bantuan yang disalurkan ini dapat bermanfaat untuk memenuhi salah satu komoditi konsumsi sehari-hari. (*)


Berita Utama Berita Internal
Apa Komentar Anda ?

0 Komentar

Tidak ada data yang tersedia.