Bidang

Bidang Perlindungan Konsumen


TUGAS POKOK :

menyelenggarakan  urusan pemerintahan di bidang perlindungan konsumen, meliputi pengawasan, pemberdayaan konsumen serta tertib niaga.

 

FUNGSI :

  1. penyelenggaraan koordinasi penyusunan dan menghimpun bahan kebijakan teknis pengawasan, pemberdayaan konsumen serta Tertib Niaga;
  2. penyelenggaraan  urusan pemerintahan bidang  perlindungan konsumen;
  3. penyelenggaraan evaluasi dan pelaporan Bidang; dan
  4. penyelenggaraan fungsi lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

RINCIAN TUGAS :

  1. menyelenggarakan pengkajian program kerja Bidang Perlindungan Konsumen;
  2. menyelenggarakan pengkajian bahan kebijakan, koordinasi, pembinaan dan pengendalian teknis di bidang perlindungan konsumen;
  3. menyelenggarakan pengelolaan dan pengembangan bidang perlindungan konsumen;
  4. menyelenggarakan koordinasi, pembinaan dan pengendalian teknis, pelaksanaan urusan pemerintahan provinsi bidang perlindungan konsumen;
  5. menyelenggarakan monitoring, evaluasi dan pelaporan bidang perlindungan konsumen;
  6. menyelenggarakan Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan lingkup Bidang
  7. memimpin seluruh kegiatan Bidang;
  8. menyelenggarakan telaahan staf sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan; dan
  9. menyelenggarakan tugas lain sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

Bidang Perlindungan Konsumen, membawahkan :

  1. Seksi Pengawasan,
  2. Seksi Pemberdayaan Konsumen; dan
  3. Seksi Tertib Niaga.

Bidang Perlindungan Konsumen


Tupoksi


Struktur Organisasi


Rencana Kerja


Layanan


Data